Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
- Pembelajaran Kooperatif (PK) adalah pembelajaran yang dirancang agar siswa bekerja dalam tim atau kelompok untuk mencapai tujuan belajar.
- Tim atau kelompok itu diharapkan terdiri atas siswa-siswa yang berprestasi rendah, sedang, dan tinggi. Bahkan apabila mungkin terdiri atas campuran ras, budaya, dan gender.
- Tujuan belajar yang dimaksud di atas adalah prestasi akademik, toleransi dan penerimaan terhadap keanekaragaman perbedaan, dan pengembangan keterampilan sosial. (Areds, Richard I, 2007:5)
- Untuk menuntaskan materi belajarnya, siswa belajar dalam kelompok secara bekerja sama
- Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah
- Jika dalam kelas terdapat siswa-siswa yang heterogen ras, suku, budaya, dan jenis kelamin, maka diupayakan agar tiap kelompok terdapat keheterogenan tersebut.
- Penghargaan lebih diutamakan pada kerja kelompok daripada perorangan.
Tujuan Pembelajaran Kooperatif
- Hasil belajar akademik , yaitu untuk meningkatkan kinerja siswa dalm tugas-tugas akademik. Pembelajaran model ini dianggap unggul dalam membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang sulit.
- Penerimaan terhadap keragaman, yaitu agar siswa menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai macam latar belakang.
- Pengembangan keterampilan sosial, yaitu untuk mengembangkan keterampilan social siswa diantaranya: berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, memancing teman untuk bertanya, mau mengungkapkan ide, dan bekerja dalam kelompok.
Sintaks Model Pembelajaran Kooperatif
Fase | Indikator | Kegiatan Guru |
1 | Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa | Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai menekankan pentingnya topik. dan memotivasi siswa belajar |
2 | Menyaikan informasi | Guru menyajkan informasi atau materi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau melalui bahan bacaan |
3 | Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok- kelompok belajar | Guru menjelaskan kepada siswa bagamana cara membentuk kelompok dan membimbing setiap kelompok agar melakukan transisi secara efektif dan efisien |
4 | Membimbing kelompok bekerja dan belajar | Guru membimbing kelompok -kelompok belajar pada saat siswa mengerjakan tugas |
5 | Evaluasi | Guru mengevaluasi hasil kerja siswa tentang materi yang telah dikuasai atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya |
6 | Memberkan penghargaan | Guru mencari cara untuk menghargai upaya atau hasil belaja individu maupun kelompok |
Contoh!
Kelas : I , Tema : Komputer, Subtema : Bagian-bagian Komputer
Sintaks | Kegiatan Pembelajaran |
Fase Ke 1 Menyampaikan tujuan Memotivasi Siswa | · Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai tuiuan pembelajaran · Siswa menjawab pertanyaan guru tentang hal-hal yang terkait dengan pembelajaran, misalnya apa saja komponen yang ada di computer · Siswa difasilitasi guru agar dapat memahami setiap komponen computer ada fungsinya masing-masing, misalnya monitor untuk melihat,keyboard untuk mengetik, speaker untuk mendengarkan dan lain-lain |
Fase Ke 2 Menyajikan Informasi | · Siswa membaca bahan bacaan yang disediakan oleh guru, misalnya Modul Pengenalan computer · Siswa mengamati gambar tentang komponen-komponen computer |
Fase Ke 3 Mengorganisasikan Siswa Kedalam kelompok-kelompok belajar | · Siswa dibagi menjadi bebarapa kelompok,setiap kelompok terdiri atas 5 orang · Semua siswa membaca Modul Pengenalan Komputer · Siswa dalam kelompok dibagi tugas untuk mengamati komponen-komponen computer. Misalnya siswa A mengamati monitor, siswa B mengamati PC, dan seterusnya |
Fase Ke 4 Membimbing kelompok Bekerja dan belajar | · Siswa membuat table komponen-komponen computer dan fungsinya berdasarkan gambar yang diamati · Table dibuat secara berkelompok, setiap siswa berkontribusi sesuai gambar yang diamatinya · Siswa bertanya kepada guru apabila ada proses kerja yang belum dipahami, guru menjawab dan memberi bimbingan sesuai kebutuhan |
Fase Ke 5 Evaluasi | · Guru memberikan umpan balik pada hasil kerja kelompok. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru ketika table yang dibuat oleh kelompok masih perlu diperbaiki · Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya, kelompok yang lain menanggapi |
Fase Ke 6 Memberikan penghargaan | · Hasil kerja kelompok diberi skor oleh guru · Kelompok mendapat predikat berdasarkan skor yang diperoleh · Kelompok mendapat penghargaan dari guru |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar